21 September 2011

RBDC Gadget Review : LG optimus 3D

Halo guys , RBDC Punya Sedikit Review Tentang Ponsel keluaran baru LG nih... namanya LG Optimus 3D.
Mau Tau??


LG Optimus 3D adalah ponsel 3 dimensi pertama di dunia yang diluncurkan. Smartphone canggih besutan vendor Korea Selatan ini memiliki fungsi 3 dimensi pada layarnya. Menariknya, ponsel ini sudah mendukung dual prosesor, dual memori dan dual channel.
Bodi LG Optimus 3D cukup bongsor dan agak lebar, karena layarnya juga berukuran luas. Saat digenggam bobot ponsel ini cukup terasa (168 gram). Ponsel ini tampil elagan dengan balutan warna hitam agak kecokelatan. Sisi depan didominasi layar sentuh yang ditemani 4 tombol touchpad (Option, Home, Back, Search) di bawahnya. Bagian belakang berbalut plastik agak kesat.
Ada port MicroSD di samping kiri yang berfungsi untuk menancapkan kabel data sekaligus charger. Persis di sebelah port MicroSD, ada port HDMI yang memungkinkan untuk melihat tampilan layar ponsel ini pada layar TV. Tentunya dengan bantuan komeksi kabel HDMI. Di bodi atas, disematkan lubang jack audio 3,5 mm untuk headset. Meski sudah dibekali memori internal 8 GB, ponsel ini tetap menyediakan slot memori eksternal MicroSD. Letak port MicroSD ada dibalik casing belakang, tapi tidak sampai tertindih baterai. Tidak disediakan kable HDMI dan kartu MicroSD dalam paket penjualan
Layar sentuh berukuran 4,3 inchi di ponsel ini memang mampu memunculkan tampilan layar 3 dimensi. Tapi jangan berfikiran seluruh tampilan layarnya 3 dimensi, karena ini hanya berlaku untuk beberapa fitur saja. Disokong daya 16 juta warna dan resolusi 480 x 800 pixels, tampilan layar terlihat begitu tajam. Layar dilengkapi 7 homescreen yang bisa dimasukkan widgets, shortcut dan folder. Di bagian bawah layar selalu muncul 4 ikon menu (Phone, Contacts, Messaging, Menu).
3D Application
Fitur-fitur yang mengusung kemampuan 3 dimensi (3D), dikumpulkan dalam segmen ‘3D Application’. Antara lain : 3D Camera, 3D Gallery, 3D Games  3D Apps. Dan saat dicoba, efek tampilan 3D benar-benar terlihat tanpa perlu menggunakan kaca mata khusus. Baik saat memotret, merekam video, melihat foto/video 3D bahkan bermain games 3D serta menggunakan aplikasi 3D. Ada 3 games 3D yang disiapkan (Aspalt 6, Lets Golf 2 dan Nova) serta ada 1 aplikasi 3D (Gulliver’s Guide). Ada tombol 3D di samping kanan untuk masuk ke menu 3D Application. Ada menu 3D Guide yang berisi petunjuk penggunaan aplikasi 3D agar bisa terlihat efek 3D dengan maksimal. Efek 3D terkadang membuat pusing jika terlalu lama.
Kamera
Jika meniliki ke bodi belakang, ada 2 kamera stereoscopic 5 megapixels yang mengapit lampu flash. Karena 2 kamera inilah sehingga bisa menghasilkan foto/video berefek 3D. Tapi tetap bisa memotret atau merekam video biasa (2D). Resolusi maksimal rekaman video yang dihasilkan 1080p@30fps (2D) dan 720p@30fps (3D). Hasil foto/video bisa langsung di-share ke berbagai layanan jejaring sosial. Bisa juga upload Video 3D dengan aplikasi 3D YouTube. Ponsel ini juga dilengkapi kamera sekunder di atas layar, tapi tanpa kemampuan 3D. Kamera dilengkapi fitur : digital zoom, brightness, flash, autofocus, macro, face tracking, scene mode, white balance, color effect, timer, continous shot, tag location dan Photo Editor.
Internet
Optimus 3D menyediakan akses internet mencapai kecepatan HSDPA (14,4 Mbps)/HSUPA (5,76 Mbps). Saat browsing terasa cukup cepat, meski tidak mencapai kecepatan maksimal, karena tergantung kondisi jaringan operator. Sebagai alternatif, juga disiapkan koneksi WiFi. Selain untuk akses internet, WiFi juga bisa dimanfaatkan untuk DLNA, yaitu menghubungkan antar perangkat via WiFi. Bisa juga bertindak sebagai hotspot WiFi. Browser bisa zooming secara pinch (cubit layar). Browser juga sanggup multitasking, alias bisa membuka beberapa fitur sekaligus.
Hiburan
Fitur hiburan yang dibawa ponsel ini antara lain Music Player, yang dilengkapi equliser, playlist, shuffle , repeat, dan sleep timer (menonaktifkan music player secara otomatis). Ada juga Video Player yang sanggup memutar video HD dan video 3D. Bisa juga menikmati video secara streaming via YouTube. Dan jika ada video di YouTube yang berefek 3D, tentu bisa dinikmati. Juga ada fitur SmartShare yang memungkinkan memutar lagu/video di ponsel ini dan bisa dinikmati pada perangkat lain via WiFi. Suara yang keluar dari speaker terdengar cukup nyaring.
Jejaring Sosial
Jejaring sosial pastinya sudah disertakan di dalam LG Optimus 3D. Seperti Facebook yang sudah berupa aplikasi. Di dalamnya disediakan fasilitas yang tidak jauh berbeda dengan versi web. Termasuk adanya fasilitas upload foto dan Facebook Chat. Facebbok ini juga bisa sinkronisasi dengan daftar Contact di ponsel. Sebelum login ada pilihan apakah ingin mengaktifkan fasilitas Contact Sync atau tidak. Selain itu ada aplikasi Twitter yang juga berfasilitas mirip versi web. Jika ingin menggunakan aplikasi jejaring sosial lainnya tinggal download di Android Market.
Office
LG Optimus 3G tidak hanya bisa diajak bersenang-senang, tapi juga bisa diandalkan sebagai partner kerja. Misalnya ingin mengolah dokumen, disediakan fitur Polaris Office yang sanggup membuka, mengedit dan membuat file baru Office (Word, Excel, PowerPoint). Bahkan memungkinkan mengakses Polaris Office secara online. Ada juga fitur Finance yang berisi info lantai bursa di dunia yang bersumber dari Yahoo Finance. untuk menggunakan Polaris Office secara online, harus mendaftar dulu untuk mendapatkan akun.
Fitur Lainnya
LG Optimus 3D masih memiliki beberapa fitur menarik lainnya. Seperti Remote Call untuk melakukan panggilan telepon dari browser. Ada juga News yang menyajikan berita yang bisa dipilih dari negara mana (termasuk Indonesia) dan jenis beritanya (hiburan, bisnis, olahraga, dll). Fitur lainnya yaitu Weather yang sanggup menampilkan info cuaca secara update. Serta ada Car Home yang menampilkan beberapa menu penting (Navigation, Phone, Map, Voice Search, Contact, Music) dengan tampilan lebih besar sehingga mudah diakses saat berkendara.  ada menu App Advisor, yaitu daftar aplikasi yang direkomedasikan oleh LG
Kinerja :
LG Optimus 3D mengusung teknologi Tri-Dual, yang  memiliki arti bahwa ponsel ini menggunakan prosesor dual-core, dual –RAM dan dual-channel (jalur). Jadi tidak mengherankan jika kinerja berbagai fitur canggih di ponsel ini dapat berjalan dengan cepat bahkan saat mullitasking.  LG mengklaim sebagai yang pertama yang mengusung teknologi Tri Dual.
Spesifikasi LG Optimus 3D:
Dimensi128.8 x 68 x 11.9 mm
Berat168 gram
JARINGANGSM (850/900/1800/1900 MHz)
ProsesorDual-core 1GHz ARM Cortex-A9 proccessor, PowerVR SGX540 GPU, TI OMAP4430 chipset
Sistem OperasiAndroid OS, v2.2 (Froyo), upgradable to v2.3
LAYAR3D LCD capacitive Touch Screen, 16 juta warna, 480 x 800 pixels, 4,3  inchi
Memori Internal8 GB storage, 512 MB dual-RAM
Memori EksternalmicroSD, up to 32GB
Konektivitas
GPRSAda, Class 10 (32 – 48 kbps)
EDGEAda, Class 10 (236.8 kbps)
UMTS (3G)Ada
HSDPAAda, 14.4 Mbps
HSUPAAda, 5.76 Mbps
WLAN/WI-FIAda, 802.11b/g/n, DLNA, hotspot wifi
Bluetoothada, v3.0 with A2DP, EDR
Kabel Dataada, microUSB 2.0
MessagingLong SMS, MMS, E-mail, Instant Messaging
KameraDual 5 Megapixels (2560?1920 pixels)
Video
Resolusi Max1080p@30fps (2D), 720p@30fps (3D)
PlayerMP4/DivX/XviD/H.264/H.263/WMV/1080p@24fps (2D), 720@30fps (3D)
Video Editortidak ada
Durasi MaxUnlimited
Kamera Sekunderya
Musik PlayerMP3/WAV/WMA/eAAC+; Equalizer, Shuffle, Play List
Jack Port3,5 mm
Games
JavaAda
embeddedAda, Aspalt 6, Lets Golf 2 dan Nova (3D)
DownloadableAda
Fitur Lain
3D ApplicationAda
GPSAda
AlarmAda
CalendarAda
Google MapsAda
voice recorderAda
HDMIada
Car Homeada
CalculatorAda
Polaris OfficeAda
FaceBookAda
Google SearchAda
You TubeAda
TwitterAda
Smart shareAda
Remote CallAda
Adobe Flash 10.1Ada
Application managerAda
LG App AdvisorAda
FinanceAda
NewsAda
WeatherAda
Google TalkAda
Baterai
TipeLithium Ion
Kapasitas1.500 mAh
Standby time450 jam
Talk time9 – 13 jam                                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar